Hingga saat ini, untuk melengkapi penampilan yang elegan dan modis, terdapat banyak jenis cadar. Berbagai jenis cadar antara lain cadar bandana, cadar Yaman, cadar tali dan cadar poni, yang berbeda satu sama lain.
1. Cadar Bandana

Cadar bandana merupakan salah satu cadar yang memiliki tali lebar dan motifnya terlihat sangat indah saat dikenakan. Untuk melengkapi gaya berhijab, cadar bandana bisa ditemukan dalam dua model.
• Cadar Poni Bandana
• Cadar Bandana Melengkung

2. Cadar Yaman

Cadar Yaman adalah model cadar khas Timur Tengah yang memiliki ciri yang sangat khas yaitu ketika dikenakan terlihat seperti ditarik ke belakang. Cadar Yaman biasanya terdiri dari 2 lapisan depan dan belakang.
Bagian mata dari hijab Yaman juga didesain senyaman mungkin tanpa jahitan.

3. Cadar Tali

Yang pertama berupa tali yang mengikat di belakang punggung dan yang kedua adalah tali yang elastis. Cadar tali sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil lebih santai dalam aktivitas sehari-hari.
Cadar tali dapat dipadukan dengan berbagai gaya hijab, seperti khimar, pasmina, bergo dan hijab segi.

4. Cadar Poni

Cadar poni adalah jenis cadar yang memiliki tali di bagian kepala dan tambahan rumbai di bagian dahi. Poni pada cadar ini dapat dikenakan dalam dua gaya yang berbeda, mereka dapat dinaikkan atau diturunkan untuk menutupi alis (mata tersembunyi).

Bahan Membuat Cadar
• Kain katun
Kain katun dapat digolongkan ke dalam jenis kain berkualitas, yang umumnya terbuat dari serat kapas. Kain ini tidak hanya dikenal kokoh, kuat dan tidak mudah rusak, tetapi juga memiliki tampilan yang lembut dan halus.

• Kain Diamond
Kain Diamond bisa diartikan sebagai sejenis bahan kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk dan terasa sedikit kasar saat dipegang, seperti ada butiran pasir di kainnya. Khusus untuk pembuatan cadar, ada dua jenis kain diamond.

• Kain Wolvis
Kain wolvis termasuk jenis kain berserat halus dan padat yang sudah lama populer terutama dalam pembuatan busana muslim. Kain ini biasanya terbuat dari campuran serat alam dan serat sintetis, namun ada juga yang diperoleh dari campuran keduanya.

• Kain wollycrepe
Sama seperti kain lozenge, kain wollycrepe memiliki tampilan yang unik karena teksturnya cenderung lebih berpasir atau seperti kulit jeruk, meski tidak begitu terlihat. Kain woolly crepe merupakan kain yang ringan.

By Dinda